Hamas Tidak Akan Menyerah

Seorang anak Palestina yang membawa bendera Hamas berlari di atas reruntuhan sebuah rumah di Beit Lahia, kawasan utara Jalur Gaza, Senin (19/1). Suasana di Jalur Gaza relatif tenang setelah Hamas dan Israel menerima gencatan senjata

Liga Arab Akan Bahas Usulan Bantuan Rekonstruksi Jalur Gaza

Selasa, 20 Januari 2009 | 04:32 WIB

Oleh Trias Kuncahyono dan Mustafa Abd Rahman

RAFAH, SENIN – Kelompok pejuang Hamas dan Israel secara terpisah sama-sama setuju untuk melakukan gencatan senjata. Meski demikian, Hamas berjanji akan langsung memperkuat barisan apabila Israel ataupun komunitas internasional berusaha melucuti roket-roket dan persenjataan lain milik Hamas pascaperang di Jalur Gaza.

”Lakukan apa pun yang kamu suka. Terserah saja. Merakit dan membuat senjata perang suci ini adalah misi kami dan kami tahu persis cara memperoleh senjata,” kata juru bicara ”militer” Hamas, Abu Ubaida, Senin (19/1).

Berbicara kepada sejumlah wartawan dan mengenakan kain penutup wajah, Ubaida, menyebutkan ”apa pun bisa terjadi” apabila militer Israel tak segera menarik seluruh pasukannya dari wilayah Jalur Gaza dalam waktu satu pekan, seperti yang dituntut Hamas ketika mengumumkan gencatan senjata, Minggu.

”Ancaman” seperti itu juga diutarakan oleh Israel. Pemerintah Israel yang mengumumkan gencatan senjata secara sepihak juga ”mengancam” akan kembali melancarkan operasi militer apabila Hamas menyelundupkan senjata lebih banyak lagi ke Gaza. Israel sudah meminta Mesir mencegah masuknya senjata ilegal dari terowongan-terowongan bawah tanah di perbatasan Gaza-Mesir.

Pemerintah Israel, Jumat lalu, telah menandatangani perjanjian keamanan dengan Pemerintah AS untuk kerja sama dalam pemberian bantuan teknis, informasi, dan penggunaan berbagai ”aset” milik AS untuk mencegah senjata selundupan yang selama ini kerap diperoleh Hamas melalui jalur darat, udara, atau laut.

Klaim korban

Sejak Israel pertama kali menyerang Gaza tanggal 27 Desember lalu, Hamas telah ”kehilangan” 48 anggota atau pejuangnya. Juru bicara Brigade Ezzedine Al- Qassam, sayap militer Hamas, Abu Obeida, mengaku jumlah pejuang Hamas yang menjadi korban tewas dalam serangan Israel di Gaza itu tidak benar. Sebelumnya, Israel menyatakan telah menewaskan sekitar 500 anggota Hamas.

Obeida justru berbalik mengatakan Israel ”kehilangan” paling tidak 80 tentaranya. Akan tetapi, sejauh ini Israel mengaku ”hanya kehilangan” 10 tentaranya. ”Kami sudah beri batasan waktu kepada musuh Zionis satu pekan untuk mundur dari Gaza. Jika tidak keluar juga, kami akan lanjutkan perlawanan,” ujarnya.

Kapasitas Hamas untuk kembali menembakkan roket ke arah Israel belum berkurang. Padahal, tujuan utama serangan Israel ke Gaza semata-mata untuk menghentikan serangan roket Hamas. ”Simpanan roket kami tidak terpengaruh. Kami masih sanggup untuk menembakkan roket,” kata Obeida menegaskan.

Selama 22 hari serangan Israel, Obeida mengaku pihaknya telah menembakkan sekitar 345 roket Qassam, 213 roket Grad, dan 422 mortir. Upaya dari Israel, AS, dan Eropa untuk mencegah agar Hamas tidak memperkuat kembali persenjataan dipastikan Obeida tidak akan pernah berhasil.

Sampai saat ini, korban tewas mencapai sedikitnya 1.300 orang dan 5.320 orang terluka.

Rekonstruksi Gaza

Sementara dari pertemuan Liga Arab yang diselenggarakan di Kuwait disebutkan, Liga Arab kemungkinan besar akan memberi bantuan rekonstruksi di Gaza sebesar 2 juta dollar AS. Selain Liga Arab, Pemerintah Arab Saudi pun akan memberikan bantuan 1 miliar dollar AS untuk rekonstruksi Gaza. ”Pemerintah kerajaan akan membantu saudara-saudara yang berada di Gaza,” kata Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz di dalam pidato pembukaan pertemuan negara-negara Arab tentang ekonomi di Kuwait, Senin.

Pemerintah Qatar pekan lalu mengusulkan bantuan untuk Gaza sebesar 250 juta dollar AS. (REUTERS/AFP/AP/LUK)

Source : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: