Ahmadiyah Minta Suaka Politik ke UNHCR?

Ahmadiyah Minta Suaka Politik ke UNHCR?

Minggu, 7 September 2008 – 08:18 wib

TB Ardi Januar – Okezone

JAKARTA – Beredar kabar Jemaah Ahmadiyah Indonesia meminta suaka politik kepada Komisi Hak Asasi Manusia PBB (UNHCR). Bahkan salah seorang jemaah Ahmadiyah sudah terlebih dahulu meminta suaka politik ke Australia. Benarkah?

“Kami tidak membenarkan kabar tersebut. Kami tidak akan minta suaka politik, karena prosesnya tidak semudah itu,” ujar juru bicara Ahmadiyah, Mubarik, saat dikonfirmasi okezone per telepon, Minggu (7/9/2008).

Dia menambahkan, suaka politik hanya pernah dilakukan jemaah Ahmadiyah pada tahun 2007 lalu ke Konsulat Australia. Namun hal serupa tidak terjadi di tahun ini.

“Selama ini kami masih dibolehkan memiliki gedung, masjid dan berdakwah. Jadi untuk apa meminta suaka politik. Sekalipun ada itu atas nama pribadi bukan atas nama jemaah Ahmadiyah,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, cerita Mubarik, sejumlah jemaah Ahmadiyah di Lombok pernah meminta suaka politik dikarenakan rumah yang mereka huni dibakar massa dan kondisinya sangat terancam.

“Kalau ada lagi jemaah yang meminta suaka politik kita tidak bisa larang. Karena, kita tidak bisa tahu kondisi mereka. Itu menjadi hak masing-masing. Yang jelas, saat ini kami tidak akan meminta suaka politik,” demikian pungkasnya. (teb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: