ElBaradei: Jika Iran Diserang, Saya Akan Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Jun 08 09:40 WIB

Ketua IAEA Mohammaed ElBaradei menegaskan, dirinya akan mengundurkan diri jika negara-negara yang selama ini mengancam akan menyerang Iran terkait program nuklir nuklir negara Iran, benar-benar mewujudkan ancamannya.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Al-Arabiya yang dikutip Al-Ahram, ElBaradei mengatakan, “Sebuah invasi militer terhadap Iran akan menimbulkan bahaya yang besar bagi Timur Tengah dan dunia.”

Dalam laporan terbaru IAEA tentang program nuklir Iran awal bulan ini, ElBaradei menjamin bahwa program nuklir Iran aman dan tidak ada pengalihan material dalam aktivitas nuklir Negara Para Mullah itu. “Iran telah memberikan akses bagi IAEA untuk meneliti material-material nuklir mereka, termasuk laporan pembukuan yang diminta IAEA terkait dengan aktivitas dan material-material nuklir yang dimiliki Iran, ” tulis IAEA dalam laporannya.

Namun negara-negara AS, Israel dan sekutunya yang selama ini menuding Iran sedang membangun persenjataan nuklir lewat program nuklirnya, tetap tidak puas dengan laporan IAEA tersebut. AS terus meminta dukungan negara-negara lain agar Iran dikenai sanksi yang lebih berat dan AS tetap menyatakan semua opsi, termasuk opsi serangan militer terbuka untuk Iran.

Spekulasi pun makin meluas. Presiden AS George W. Bush disebut-sebut sudah merancang rencana rahasia dengan bantuan Israel untuk melakukan serangan militer ke Iran dan serangan itu akan dilakukan sebelum masa jabatan Bush berakhir Januari tahun depan. (ln/presstv)

sumber : eramuslim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: