Barack Obama Yakin Israel akan Serang Iran

from news.detik.com

Kamis, 31/07/2008 14:49 WIB
Barack Obama Yakin Israel akan Serang Iran
Rita Uli Hutapea – detikNews


Barack Obama (Daily Telegraph)
Washington – Capres AS dari Partai Demokrat Barack Obama yakin kalau Israel akan melancarkan serangan militer ke Iran. Serangan itu akan dilakukan jika sanksi-sanksi gagal untuk memaksa Iran menghentikan program nuklirnya.

Hal itu disampaikan Obama dalam pertemuan antara Senator Illinois itu dan para anggota Demokrat di House of Representatives, seperti dilansir ABC News, Kamis (31/7/2008).

“Tak ada yang mengatakan ini langsung pada saya, tapi saya dapat kesan dari pembicaraan-pembicaraan bahwa jika sanksi tidak berhasil, Israel akan menyerang Iran,” kata seseorang yang hadir dalam pertemuan itu menirukan ucapan Obama.

Juru bicara keamanan nasional Obama, Wendy Morigi menolak berkomentar mengenai berita itu. Namun dikatakannya, “Senator Obama selalu mengatakan bahwa Iran harus menghentikan program nuklir ilegalnya.”

“Dia telah menyarankan pendekatan langsung yang tegas, didukung dengan sanksi-sanksi yang lebih keras guna menekan Iran. Dan dia telah menyatakan dengan sangat jelas bahwa Teheran hendaknya tidak menunggu sampai pemerintahan baru untuk mencapai kesepakatan mengakhiri programnya,” tandas Morigi.

Saat berkunjung ke Paris, Prancis, beberapa hari lalu, Obama mengatakan kalau Iran sebaiknya tidak menunggu sampai presiden baru AS terpilih untuk menyelesaikan konflik nuklirnya dengan negara-negara Barat.(ita/iy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: